Pengalaman Tes kuliah lewat Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri

Assalamualaikum, bloggers....:-)
Udah lama gue gak pernah ngepost apalagi curhat pengalaman gue disini wkwk, kali ini gue mau berbagi pengalaman gue tentang tes masuk kuliah lewat jalur SNMPTN, SBMPTN & Jalur Mandiri tahun 2016 kemarin. Gue juga sebelumnya ada niatan untuk berbagi pengalaman ini untuk MABA (Mahasiswa Baru) seperti kalian *ecieee, Kalian pasti bertanya-tanyakan apakah gue keterima lewat jalur antara ketiga itu? Hellow gaes itu sungguh menyakitkan banget kalau gue inget lagi ya siapa sih yang gak mau masuk kampus favorit negri lagi, pasti semuanya mau kan dan bakal berusaha terus semaksimal mungkin dan gak bakal nyerah untuk terus berjuang mendapatkan kampus idaman? Ya begitu pun gue juga, gue selalu berdoa berusaha berjuang demi mengejar cita-cita dan membahagiakan ke dua orang tua *hazekkk, ya tapi mungkin allah berkehendak lain mungkin bukan jalannya juga ah tapi yasudahlah.

Lanjut deh pengalaman gue pas ikut jalur SNMPTN ituuuuuu jujur sumpah ribetnya pake banget, gimana gak ribet coba gue disuruh ngurusin sendiri ya mungkin kalau sekolah lain yang udah terakreditasi ya enak paling guru nya yang ngurusin, ya sebenarnya sih ini resiko buat angkatan pertama yang sekolahnya belum terakreditasi juga.... yaps gue bersekolah di salah satu sekolah kejuruan yang belum terakreditasi ya maklum sekolahan baru hmmm gimana ya ribetnya itu sekolahan gue belum terdaftar di web SNMPTN, disini yang minat jalur SNMPTN  ada gue dan ketiga temen gue dan kami selalu menanyakan hal itu kepada guru kami hingga akhirnya guru kami pun mendaftarkan sekolah kami *yeay setelah sekian lama menunggu, lalu biasanyakan yang urusin itu guru tapi kami di php in dan akhirnya kami urus berkas" di web SNMPTN sendiri, dan setelah itu pas gue buka web SNMPTN nya itu lama banget kayanya sih banyak yang buka web itu juga jadi servernya penuh dan harus reload-reload terus, harus nunggu lama juga *yah nunggu lagi -_-, ternyata ketika dibuka kita hanya di suruh untuk melengkapi data diri/biodata kita beserta nilai-nilai rapot kita di semester 1-5 aja, ini juga kalau gak salah ya soalnya udah agak lupa juga maklum udah setahunan wkwkwk 😅 dan tentunya semua siswa yang urus tetapi kita juga selalu nanya kepada guru yang bersangkutan dan gurunya juga bantuin ko *makasih bu guru :*, lalu setelah sudah selesai semua berkas-berkasnya lalu kita tinggal menunggu hasilnya yang lama sekali kira-kira sebulan tapi disitu gue lupa nunggu nya berapa lama wkwkwk, lalu ada temen gue yang ngomong kalau kecil kemungkinan kita diterima lewat jalur ini, karena sekolah kami belum terakreditasi serta kami dari SMK dan jalur ini mendapat persentase penerimaannya yang sedikit sekali, yah gue sedikit harap-harap cemas ya karena jalur ini tanpa tes dan tentunya gratis :), tiba-tiba temen gue salah mengisi NISN dan temen gue yang satu lagi kurang mengisi rapot semester 3-5 dan itu kesalahan yang fatal. Catatan bagi anda yang mengikuti jalur SNMPTN di harap untuk mengecek lebih teliti berkas-berkas dan biodata dahulu sebelum di simpan. Lalu kita menanyakan kepada guru yang bersangkutan tetapi ya gitu deh tanggapannya gak bisa dijelasin dengan kata-kata 😔, sampai akhirnya pun hasilnya juga bisa dilihat di web SNMPTN dan jenjrengggg.... kami berempat belum diizinkan untuk keterima di jalur SNMPTN😔, tapi itu tidak membuat kami jadi menyerah mengikuti tes-tes masuk perguruan tinggi lainnya.

Ketika pendaftaran SBMPTN dimulai, gue dan ketiga teman gue pun langsung mendaftarkan diri untuk tes di jalur SBMPTN dan itu gak gratis ya gaes, jalur SBMPTN itu bayar 200 ribu, Hingga akhirnya gue pun memberanikan diri untuk mencoba tes lewat jalur SBMPTN langkah awal untuk mendaftar SBMPTN itu cukup mudah, pertama kita buka web SBMPTN nya lalu disana juga ada panduannya jika kalian masih bingung nah nanti kita disuruh ngisi biodata sama upload foto nanti kita dikasih kode pembayaran gitu kalau tidak salah untuk mentransfer ke bank, kalau pengalaman gue sih gitu gue transfer ke bank m*ndiri lewat teller 200 ribu karna gue gak punya ATM, kalau misalnya kalian bingung cara transfernya gimana nanti ditanya sama satpam nya "bisa dibantu?" nah kita tanya aja sama satpamnya dan pasti bakalan dibantu ko :), lalu kalau sudah nanti kita dikasih pin/password untuk log in ke web SBMPTN oiya gue lupa jadi tes SBMPTN itu tesnya itu ada CBT dan PBT kalau CBT itu menggunakan komputer kalau PBT itu tertulis dan gue dapetnya yang PBT padahal pengennya yang CBT ya gitulah gue telat daftar SBMPTN nya soalnya jalur tes CBT kuota nya sedikit tapi tak apalah lalu SBMPTN itu bisa pilih 3 Universitas sekaligus tidak seperti SNMPTN, kebetulan gue sama temen gue tes nya terpisah ada yang di jakarta ada juga yang di tangerang wkwk dan kebetulan gue tes nya di SMPN di daerah jakarta pusat jauh banget deh pokonya dan bayangin aja jam 7 pagi itu udah masuk ruangan *mantap jiwa banget deh -_-, sebelum gue tes gue foto copy buku SBMPTN tahun 2015 yang bukunya tebel pake banget, lalu gue juga download-download in soal + jawaban SBMPTN tahun lalu di google, dan gue juga gak lupa streaming youtube tentang tips keterima SBMPTN serta soal-soalnya. Gue terus berlatih belajar terus-terusan belajar kelompok juga bareng temen-temen gue gak lupa gue berdoa serta minta doa nya juga sama orang tua dan semua itu gue lakuin supaya keterima di jalur ini, sampai h-2 nya gue pergi naik motor berdua sama temen gue *iya temen, kebetulan gue sama dia tempat tes nya samaan cuma beda ruangan aja. Jadi gua kesana cuma ingin mengetahui tempat lokasi dan ruangannya dimana soalnya emang disuruh gitu sebelum hari H nya kita di sunnahkan untuk mengetahui lokasi tes nya ya mungkin fungsinya biar gak nyasar hehehe😁, pas kesana gue nyasar -_- *yeay tapi akhirnya ketemu juga kok lokasinya dan disana gak dibolehin masuk dan ditanya satpam nya kita mau ngapain ya kami jawab donk kami peserta SBMPTN, lalu satpamnya cuma ngasih tau selebaran ruangan kita dan nomor meja yang ditempel di dinding pemberitahuan disana. Yasudah akhirnya gue sama temen gue lapar dan akhirnya seharian ngelilingin jakpus kami makan di masih wilayah Sekolahan sih yaudahlah ya soal makan apaannya gak usah dibahas gak penting juga wkwkwk😂, tiba-tiba temen gue yang 1 lagi itu bilang sama gue kalau dia gak yakin bisa dateng untuk tes SBMPTN maklum anaknya kan ngaret banget dan lagipula tahun 2016 kemarin itu percobaan SBMPTN yang penerimaannya itu dibatasin emang dah angkatan tahun 97-98 itu di jadikan kelinci percobaan terus strong banget buat angkatan ini *lah kok jadi curhat😅, lanjut tapi alhamdulillahnya dia ikut kok dan hari H nya pun tiba selesai solat subuh jam 4 an deh gue berangkat terus gue minta restu orang tua juga biar terkabul bisa keterima hahaha😇, gue pun udah ditunggu juga sama temen gue btw udara subuh-subuh kalau naik motor dingin banget yak dan sekitar jam setengah 7an gue nyampe dan gue berpisah ruangan sama temen gue, banyak orang yang gak gue kenal lagi pada baca buku ya istilah nya belajar lah yak di depan ruangan karena kita tidak boleh masuk sebelum tes dimulai, ketika tes dimulai kami masuk dan dikasih waktu setengah jam untuk mengisi data dan pemeriksaan identitas disitulah tiba-tiba gue deg-degan gitu dan akhirnya gue dikasih soal tapi soalnya belum boleh dibuka disitu gue nambah deg-degan *susah gak ya soalnya susah gak ya bisa gak ya gue ngerjainnya* itu menjadi sebuah pertanyaan yang terlintas di hati gua hahaha😅 tes pertama itu gue tes saintek / TKD SAINTEK  yaps gue milih kelompok ujian SAINTEK soalnya gue pengen banget kuliah jurusan TI/SI Karena dulu jurusan gue berkaitan sama komputer juga tetapi kata temen gue jurusan itu di kampus yang gue pilih dibatasin kuota yang sangat kecil kemungkinan gue dapetin, dan kami dikasih waktu untuk mengerjakan soal 2 jam an lah ya jujur nih ya soalnya itu susah banget matematikanya ituloh padahal gue udah belajar sungguh-sungguh entah kenapa tiba-tiba otak gue ngeblank buyar semua masalahnya soalnya beda sama apa yang gue pelajarin soal ini tuh lebih rumit daripada soal cinta eh salah dari pada soal tahun kemarin-kemarin, lalu gue liat kanan kiri depan belakang gue itu kayanya gampang banget ngerjainnya soal nya pada kalem-kalem banget apa karna gue nerverst ya, terus ada 1 orang yang udah dan tiba-tiba udah pada selesai semua dan gue baru beberapa soal dari banyak nya soal -_- gue liat juga ada yang ngebuletinnya itu sampe semua soal latihan gitu dalem hati gue antara ngasal sama hebat sih hahaha😅 seketika gua panik dari 20 orang itu tinggal sisa gue sama 4 orang yang gue gak kenal, mereka mah pada fokus-fokus ngerjainnya kalau gue udah nyerah sama soalnya susah banget seriusan deh itu gue udah belajar mati-matian apalagi yang gak belajar sama sekali *duh banget deh dan gue langsung aja tinggal soal dan lembar jawabannya diatas meja lalu gue ambil tas di depan kelas lalu gue salim sama pengawasnya dan pengawasnya itu guru sana sama kaka-kaka UI, yes dan tes pertama pun selesai gue sedikit lega walaupun cuma beberapa yang gue isi saran gue buat kalian lebih baik kalian isi aja yang kalian bisa jangan pernah ngasal isi aja 10/20 yang menurut kalian jawabannya benar soalnya kalau salah itu dapat minus dan kalau benar itu dapet +4 kalau gak salah, gue juga udah lupa dan tes pun dimulai lagi gue udah gak nerverst lagi alhamdulillah hehehe😁 sama kaya tadi disuruh isi biodata dan lainnya, lalu baru memasuki tes ke dua yaitu Tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA) ya lumayan sih daripada tes sebelumnya ini lebih ke logika gitu hahaha tapi tetep aja susah kan cewe sering mikirnya make hati bukan pake logika wkwkwk😂 lupain-lupain... Waktunya itu lebih singkat beberapa menit daripada tes sebelumnya yaitu cuma 1 jam 45 menit entah kenapa waktu itu cepet banget gue baru ngisi beberapa eh waktunya udah mau habis gue kebanyakan mikir sih -_- jadi buat kalian kalau seumpama soalnya susah tinggalin aja jawabnya soal yang mudah aja dulu biar gak buang-buang waktu kaya gue -_- dan setelah itu gue pun waktu telah habis mau gak mau harus dikumpulin dan harus ninggalin kelas hmmm sungguh diluar pikiran soalnya susah dan gue langsung tanya ke temen-temen gue soalnya gimana dan dapet soal paket yang mana? Dan sama kaya gue dari banyaknya soal hanya beberapa dan kebanyakan ngasal nya ahahaha😅 tapi ada 1 temen gue yang jawabnya dikit tapi dia udah yakin kalau jawabannya bener dan dia cuma ngasal sedikit tapi alhamdulillahnya dari 5 temen gue termasuk gue yang Tes SBMPTN cuma dia doank yang keterima, makanya gaes jangan ngasal ya usahakan jawabannya bener walaupun cuma sedikit.

Dan gue gak berhenti cuma disitu aja masih ada tes berikutnya ya kesempatan terakhir lah yaitu jalur mandiri ya jalur mandiri itu tes nya di kampus yang kita pilih dan lagi-lagi tesnya gak gratis yaitu bayar 300 ribu wahh nambah mahal ya daftarnya pun sama kaya jalur SBMPTN cuma bedanya jalur mandiri itu daftarnya di web kampus yang kita pilih, sebelum itu gue dan kedua temen gue nanya-nanya sama kampus bersangkutan dan membeli buku tes jalur mandiri buat belajar, lalu setelah gue daftar di web kampus bersangkutan gue disuruh masukin biodata nanti dikasih kode pembayarannya untuk ditransfer ke bank senilai 300ribu tadi nanti kita dikasih pin untuk log in dan mengisi kelengkapan data-data kita dan mencetak kartu ujiannya, orang tua gue berharap banget kalau gue bisa masuk universitas negri itu dan gue mati-matian belajar dan gak lupa berdoa terus-terusan sama allah gue berharap banget bisa masuk universitas yang gue pengen itu ini kesempatan terakhir gue bisa masuk sana jadi gak bakal gue sia-siain, dan kata temen gue banyak yang daftar disana bayangin puluhan ribu orang daftar di kampus itu dengan sangat amat dibatasin kuota ya lagi-lagi kuota terbatas, gue sedikit harap-harap cemas banget kata temen gue juga banyak orang yang sampe bermain curang entah itu nyogok atau lainnya hmmm gue disitu cuma bisa berharap untuk bisa keterima kebetulan boleh pilih 2 jurusan kan nah gue ambil jurusan TI dan SI yang peminatnya banyak banget -_- ya saran juga sih buat kalian jika kalian mau banget masuk kampus negeri favorit kalian usahakan yang peminatnya sedikit tetapi kuotanya banyak ya minusnya gitu kadang jurusannya yang gak kita pengenin -_- tapi kalau dari gue sih gue lebih milih jurusan yang gue pengenin daripada keterima di kampus favorit yang bukan sesuai jurusan kita, kan nantinya jadi salah ambil jurusan yang akan berakibat pada cita-cita kita kan? hmmm dan tes pun berlangsung niatnya gue mau bareng sama temen gue tapi tiba-tiba dia gak bisa dan dia bilangnya dadakan kaya tahu bulet bayangin aja coba masuknya jam 7 dan jam dirumah gua menunjukan angka 06:50 kan 10 menit lagi dan temen gue yang udah nyampe duluan disana bilang kalau dosennya udah masuk dan gue shock donk pokonya gue benci banget pas waktu itu mana bulan puasa juga kan harus nahan emosi gue bokap gue udah ngomel-ngomel aja sebelumnya gue bilang aja gue bareng temen lalu bokap gue ngepel rumah kan gue gaenak bilangnya kalau temen gue gak bisa nganterin akhirnya gue beraniin diri aja terus bokap nanya ke gue emang masuk tesnya jam berapa? Gue bilang jam 7 kata bokap gue sekarang udah mau jam 7 gimana sih yaudah ayo gue anterin, bokap gue langsung  tinggalin kain pelannya, dan buru-buru nyalahin motornya seketia disitu hati gue langsung enyes tersentuh gimana gitu pengen nangis tau gak ngeliat orang tua yang sebegitu pengen anaknya bisa keterima dikampus favoritnya sebegitu pengen anaknya sukses dengan mengenyam pendidikan yang tinggi setinggi-tingginya dan terlintas dibenak gue "gue harus bisa, gue harus keterima, gue gak mau ngecewain orang tua gue, gue gak mau uangnya yang 500 ribu, 200 ribu yang SBMPTN dan 300 ribu yang untuk jalur mandiri lenyap gitu aja" dan bokap gue pun ngebut naik motornya tanpa ngerem ya allah ekstrem banget pokonya gue sampe pegangan motornya kenceng banget untungnya rumah gue sama kampus itu deket dan sehari sebelum itu gue cari tahu lokasi tempat gue tesnya di gedung mana dan ruangan mana, bayangin gue cari lokasi bertiga sama temen gue mana ujan-ujanan sampe malem pokonya perjuangan yang gak bakal bisa gua lupain deh, lanjut gue sampe cuma 6 menitan doank dari rumah ke kampus bayangin coba waktu sama temen gue naik motor dari rumah gue kekampus bisa 15/20 menitan tapi sama bokap gua cuma 6-7menitan doank nyampe bayangin aja hahaha emang bokap gue is the best banget pokonya muka gue sampe kusut ketakutan jilbab gue sampe amburadul kena angin -_- kusut kusut wkwkwk tapi gak apalah yang penting gua gak telat dan ternyata masih banyak juga yang baru dateng akhirnya gue salim dan gue masuk keruangan gue kalau gak salah lantai 3 atau berapa gitu gue buru-buru naik tangga sampe nafas gue engap-engapan gue kira beneran udah masuk dosennya eh gataunya gue diboongin sama temen gue ah tapi yasudahlah, gue sama temen gue beda ruangan dan gue kebagian di ruangan lab komputer gitu mana dingin banget didalem dan gue gak kenal sama yang ada diruangan itu wkwkwk tapi gue kenalan sama 1 orang dan gue ngobrol sama dia ya biasalah nanya-nanya darimana blablabla hahahah sokap aja deh gue mah daripada bengong sendirian pas waktu istirahat hahahaha😂 dan alhamdulillah tesnya itu lumayan gampang daripada SBMPTN, soalnya gue bisa jawab semua dan gue cuma ngasal dikit, gue juga yakin gue pasti keterima udah optimis banget tuh bakalan keterima gue tunggu sampe sebulan kan pengumumannya ada di web nya gue buka webnya ternyata server nya penuh gue reload terus-terusan ya maklum puluhan ribu orang yang buka, eh udah bisa tuh gue ketik pin gue kan gue tunggu pas udah kebuka gue gak percaya gue reload lagi gue ketik ulang lagi ngeri tadi nomornya salah tapi ternyata sayang banget kesempatan terakhir gua gagal buat masuk kampus negeri 😖 gue bilang sama nyokap bokap gue mereka bilang gak apa-apa yang penting udah usaha dan jujur masuk sana gak curang juga ya pokonya bikin gue biar gak sedih deh dan gue bingung kenapa gue bisa gak keterima disana padahal gue udah berjuang terus tapi ya mau dikata apalagi bukan takdir gua kuliah disana ☺gue langsung tanya sama temen-temen gue dan temen-temen gue pun juga pada gak keterima disana temen gue yang gue kenalan pas tes juga gak keterima disana padahal menurut gue dia itu pinter, tapi ah sudahlah ahahhaaha dari gue dan ketiga temen gue yang berjuang untuk mendapatkan kampus negeri cuma 1 orang doank yang keterima ahahaha ya setidaknya perjuangan kita dari SNMPTN hingga jalur mandiri gak sia-sialah ada 1 orang keterima juga udah bersyukur banget ahahaha cuma gue bingung aja pas waktu itu gue mau masuk kampus mana sedangkan masuk kuliah hanya tinggal 2 bulan lagi, tsadhap -_- itulah sedikit/banyaknya pengalaman/curhatan gue yang udah banyak gue lupain ini hahahaha😅 semoga kalian gak ngalamin pengalaman yang pernah gue alamin ini. intinya jangan pernah mencoba jangan pernah takut gagal karena kegagalan akan membawa kita untuk menjadi seorang yang sukses, kaya gue aja gitu mungkin kesuksesan gue bukan berawal dari situ bisa aja dari kampus gue yang sekarang positif thingking aja, karena kesuksesan bukan berasal dari mana kita dari pendidikan mana atau dari keluarga mana, tetapi kesuksesan itu ada pada diri kita yaitu pada skill/keahlian kita, pasti semua orang pernah mengalami kegagalan ko entah itu kegagalan dalam hal apa, jadi jangan pernah takut sama yang namanya kegagalan ya.
Semoga berhasil calon Mahasiswa baru yang ingin mengikuti ketiga tes itu :) blog ini hanya gambaran aja jadi kalian gak gampang nyerah yak, hidup ini ibarat permainan ada yang kalah ada juga yang menang, buat kalian yang menang nanti semoga kalian gak sombong dan terus-terusan belajar semoga kalian semua keterima dikampus favorit kalian amin allahumma amin😇

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Array Dimensi Banyak

Penjelasan tentang Array Dimensi 1 dan 2

Tugas Pertemuan 4 Single Linked List (Non Circular)